Selasa, 15 Juli 2008

Shōnen 少年

Shōnen (少年/shounen) adalah suatu sebutan genre yang digunakan untuk mengkategorikan manga/anime yang dikonsumsi remaja lelaki. Manga atau Anime yang bergenre shonen biasanya berseri sangat panjang dan memiliki basis fans yang lumayan besar.
Manga/Anime shonen memiliki beberapa ciri khas. Pertama ialah plot ceritanya yang biasanya heroik, penuh action. Ada juga yang bertemakan love comedy yang menampilkan seorang tokoh lelaki yang culun dikelilingi oleh gadis-gadis cantik dengan karakter yang sepertinya hampir sama di manga/anime lain. Kedua, manga shonen ini biasanya menampilkan fanservice yang berbeda-beda kadarnya.
Seperti di manga Samurai Deeper Kyo yang setiap volumenya selalu ada yang dipegang/diraba payudaranya, atau memakai baju yang sangat terbuka maupun ketat. Dalam manga/anime shonen yang bertema love comedy fanservice sudah seperti kewajiban.

Manga bergenre shonen biasanya terbit di majalah komik yang sudah ada. Mereka biasanya terbit seminggu-2 minggu sekali. Sekali terbit, satu judul biasanya terbit 30-40 halaman. Biasanya setiap sekitar itu disebut chapter.

Manga/anime shonen berpengaruh pada kultur masyarakat Indonesia. Dulu, ketika Dragon Ball pertama kali tayang, Para remaja, maupun anak kecil tidak mau ketinggalan menontonnya. Biasanya gaya gambar komikus Indonesia yang bergenre shonen juga tak lepas dari gaya gambar mangaka shonen yang sudah ada.
Para penerbit Indonesia juga sangat peduli dengan penerbitan manga bergenre ini. Sebut saja Naruto, One Piece, Gokusen, Dragon Ball dan sebagainya yang diterbitkan dalam bahasa Indonesia.

Di Jepang, basis fans genre ini sangatlah kuat. Sebut saja fans Naruto dan One Piece yang sangat besar, bisa dilihat dari nominal penjualan merchandise maupun komiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar